Cara Uninstall WordPress di cPanel dengan Cepat dan Mudah

Berikut ini kami akan memberikan informasi tentang cara uninstall WordPress di cPanel dengan cepat dan mudah. WordPress merupakan satu di antara banyak CMS (Content Management System) yang digunakan oleh para pemilik website seperti website penulis artikel yang kami gunakan. Bahkan WordPress menjadi CMS terpopuler dan paling banyak digunakan di dunia.

Cara Uninstall WordPress di cPanel dengan Cepat dan Mudah

Hal ini tak lain tak bukan adalah karena software ini relatif mudah digunakan. Sehingga siapapun bisa membuat website tanpa harus bersusah payah mempelajari dan menguasai coding. CMS ini bisa dipakai oleh siapa saja, baik pemula maupun yang sudah ahli. Bahkan, tak sedikit website perusahaan besar dunia menggunakan software ini.

Meskipun demikian, terkadang Anda menemui permasalahan saat mengelola website. Misalnya terdapat data yang ingin dibuang, website tidak lagi dipakai, atau bahkan pemindahan domain. Sehingga bukan hal mustahil jika suatu saat Anda ingin menghapus instalasi WordPress. Maka, Anda harus mengetahui bagaimana cara uninstall WordPress di cPanel.

Sebenarnya, cara menghapus instalasi WordPress menggunakan Softaculous di cPanel tidak lah sulit. Jika dilakukan dengan step-step yang tepat, maka data atau website lama dan sudah tak terpakai akan terhapus secara permanen dan cepat. Nah, jika ingin menghapus suatu blog WordPress, Anda dapat mempraktikkan tutorial berikut ini.

Uninstall WordPress dengan Softaculous

Langkah pertama berkaitan dengan cara uninstall WordPress di cPanel yaitu tentunya dengan memastikan bahwa panel kontrol yang Anda gunakan adalah cPanel. Data WordPress bisa Anda haus dengan menggunakan Softaculous. Softaculous sendiri merupakan auto installer yang berguna untuk memudahkan dalam memasang script serta aplikasi website.

Baca juga artikel kami lainya mengenai jasa penulis artikel di samarinda

1. Langkah Uninstal Pertama

masuk atau login pada cPanel Anda terlebih dahulu. Kemudian pilih atau klik ‘Softaculous Apps Installer’. Berikutnya, Anda akan menjumpai dashboard Softaculous. Silakan menuju ke kolom pencarian, lalu cari instalasi WordPress yang sudah ada. Disana, Anda akan menemukan sejumlah instalasi WordPress sebelumnya dalam kolom Current Installation.

2. Langkah Uninstal Kedua

Langkah cara uninstall WordPress di cPanel berikutnya, lanjutkan pencarian hingga Anda menemukan file WordPress yang ingin dihapus. Cara menghapusnya yaitu dengan mengklik tanda silang (X) berwarna merah yang terdapat di kolom Options. Selanutnya akan terdapat beberapa opsi file apa saja yang ingin dihapus.

3. Langkap Uninstal Ketiga

Opsi yang harus di hapus antara lain menghapus direktori penyimpanan, menghapus database pengguna (database user), maupun menghapus database. Anda dapat memilih untuk menghapus salah satu saja ataupun semua data di WordPress. Centang opsi yang hendak dihapus, jika ingin menguninstall semua, maka centang semua opsi. Setelah itu, klik pada tombol “Remove Installation.”

4. Langka Uninstal Ketiga

Waktu penghapusan atau uninstall ini memerlukan beberapa saat. Lama waktu yang diperlukan bervariasi, tergantung dari jumlah besarnya kapasitas file di dalam WordPress tersebut. Semakin besar ukuran kontennya, maka semakin lama pula proses uninstall yang dibutuhkan. Setelah proses selesai, maka situs WordPress tak bisa diakses lagi.

Menghapus atau Uninstal WordPress Secara Manual

Selain cara uninstall WordPress di cPanel, Anda pun dapat menghapus situs atau blog dengan metode manual. Cara ini memang bisa dilakukan namun tentu akan lebih ribet dibanding cara sebelumnya yaitu dengan Softaculous. Penghapusan secara manual bisa Anda jalankan apabila terjadi error pada hosting WordPress ataupun kasus-kasus lainnya.

Langkah pertama, silakan masuk ke cPanel kemudian klik MySQL Database. Setelah menjalankan perintah tersebut, Anda akan menjumpai halaman MySQL Database di mana semua database serta user database akan terlihat. Di bagian Current Database, silakan klik Delete pada website Wordpres yang hendak dihapus atau uninstall.

Sedangkan pada bagian Current Uers menunjukkan user database. Anda pun da[at melakukan penghapusan user database secara manual. Jika langkah ini sudah ditempuh, maka hasilnya akan sama dengan uninstall WordPress menggunakan Softaculous. Cara ini cukup mudah dilakukan untuk segera menghilangkan file WordPress.

Baca juga artikel kami lainya mengenai cara membuat menu di wordpress paling mudah

Alasan Menghapus atau Uninstal WordPress

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mencari tahu cara uninstall WordPress di cPanel. Saat membangun sebuah website tentunya Anda telah menghabiskan banyak waktu, tenaga, pikiran, hingga biaya. Hal tersebut tentunya agar dapat menjadikan platform website Anda lebih menarik. Dengan begitu banyak pengunjung akan tergiur mengunjungi situs tersebut.

Akan tetapi mengelola sebuah website tidak selalu berjalan mulus. Ada kalanya Anda mengalami berbagai hambatan atau masalah saat memegang kendali suatu situs tertentu. Alhasil mau tak mau situs tersebut harus dinonaktifkan atau bahkan dihapus secara permanen. Misalnya pada kasus website di banned oleh mesin pencari Google.

Situs yang dibanned tentunya tidak bisa diakses oleh publik. Meski begitu, website itu akan tetap ada di dalam hosting yang Anda gunakan. Nah, sehingga mau tak mau terdapat space yang termakan untuk menempatkan website itu tadi. Agar space tersebut tidak terbuang percuma, sebaiknya lakukan cara uninstall WordPress di cPanel.

Selain karena ban atau larangan dari pihak Google, penghapusan situs juga bisa atas dasar alasan sudah tidak digunakan lagi. Misalnya Anda memiliki situs dengan nama domain www.rajawalihidup.com. Namun, karena satu dan lain hal, Anda beranggapan bahwa situs tersebut tidak relevan atau tidak penting untuk kepentingan bisnis.

Maka dari itu, menghapus file WordPress adalah pilihan yang patut diambil. Sehingga akan terdapat space tambahan untuk membuat situs lain. Dengan pengelolaan yang baik, website Anda akan memperoleh kunjungan dalam jumlah tinggi. Apalagi jika saluran tersebut diisi dengan berbagai konten yang menarik, bermanfaat, dan enak dibaca.

Untuk mendapatkan konten artikel menarik, serahkan pada ahlinya yaitu SahabatArtikel. Silakan menghubungi kami telepon/SMS/WA 0857-7777-5545 jika tertarik menggunakan hasil tulisan para penulis handal untuk ditampilkan di website Anda. Salah satu niche paling menarik yaitu tentang teknologi, seperti artikel cara uninstall WordPress di cPanel dengan cepat dan mudah.

Scroll to Top