Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

Sudah tahu bagaimana cara memulai bisnis online dari nol untuk pemula? Saat ini hampir setiap orang pasti ingin mencoba yang namanya bisnis online. Selain bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan seperti jasa penulis artikel ini, ternyata banyak orang justru sukses dari berbisnis online dengan catatan sudah tahu rahasianya.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

Maka dari itu setiap orang yang ingin memulai usaha online sebaiknya motivasi diri sendiri dulu. Apakah ingin mencoba usaha online karena gaji pokok belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau bahkan karena ingin menyalurkan hobi saja. Sehingga berniat menjalankan usaha online.

Selanjutnya untuk praktiknya sendiri sebenarnya sangat mudah! Cukup siapkan koneksi internet yang stabil, Anda sudah siap berbisnis online. Bahkan tidak dapat dipungkiri bila sekarang ini sudah banyak anak muda yang memiliki penghasilan sendiri berkat bisnis online.

Pentingnya Menciptakan Mindset dalam Bisnis Online

Untuk menjalankan bisnis apapun, Anda harus memiliki mindset yang benar! Hal ini berlaku sama untuk usaha yang dijalankan secara online. Karena mindset merupakan pondasi utama dalam melakukan sesuatu. Bila dari awal mindsetnya sudah terbentuk dengan baik, maka langkah berikutnya pasti hasilnya positif.

Hal ini berlaku sama bila Anda memiliki mindset yang salah dari awal, maka hasilnya juga menjadi negatif. Lebih menariknya lagi adalah ternyata dengan mindset yang benar, maka sekalipun seseorang mengalami kegagalan dalam berbisnis, mereka tidak akan terpuruk.

Baca juga tentang ragam bisnis online tanpa modal

Justru dari kegagalan itu membuatnya segera bangkit dan mencari solusi dari kesalahan yang menyebabkan bisnisnya bangkrut. Maka dari itu, bila ditanya tentang bagaimanakah cara memulai bisnis online dari nol? Sudah pasti jawabannya adalah mulailah dari mindset yang benar dulu.

Karena berdasarkan Tony Robbins menyatakan bila kesuksesan dalam berbisnis bisa dipengaruhi oleh psikologi atau mindset seseorang. Itupun persentasenya bisa sebesar 80%. Sedangkan sisanya 20%, kesuksesan bisnis seseorang dipengaruhi oleh sistem dan strategi marketingnya. Jadi sebelum belajar bisnis online, maka bangun dulu mindsetnya yang benar.

Misalnya saja dengan berpikir bahwa rezeki setiap orang itu sudah diatur dan tidak akan tertukar. Jadi meskipun ada beberapa orang menjalankan bisnis yang sama, belum tentu hasilnya akan demikian. Bisa jadi ada beberapa yang laris, sementara sisanya tidak berhasil melakukan penjualan.

Target Market Harus Ditentukan Dulu dalam Berbisnis Online

Selain harus membangun mindset yang benar, maka cara memulai bisnis online dari nol berikutnya adalah tentukan target marketnya! Fakta menyebutkan bahwa banyak pebisnis selalu terburu-buru menjual produk tanpa memikirkan siapa yang akan menjadi target pasarnya.

Padahal menentukan dulu target pasarnya itu penting sekali! Misalnya saja bila Anda menjual produk baju balita, maka target pasarnya sudah pasti ibu-ibu yang memiliki anak kecil. Sementara itu bila dari awal Anda sudah menentukan targetnya, misalnya ibu muda yang baru melahirkan, pilihan produknya semakin banyak.

Baca juga tentang cara membuat blog di wordpress paling praktis

Anda tidak hanya bisa menjual baju balita saja, namun juga dapat menawarkan busana menyusui, pompa ASI, suplemen, susu bayi, botol, dot, dll. Maka dari itu untuk menentukan target marketnya, sebaiknya siapkan buyer pesona. Yaitu profil orang yang akan memakai produk Anda.

Dalam menyiapkan buyer pesona, Anda harus memperhatikan 4 hal. Yaitu demografi, minat, perilaku, dan goal. Demografi ini terdiri atas jenis kelamin, usia, status marital, tempat tinggal, jumlah anak, pekerjaan, dan penghasilan. Sedangkan minat, meliputi hobi dan kesukaan orang-orang.

Selanjutnya, perilaku merupakan smartphone apa yang paling sering digunakan, sosial media paling ramai, dll. Terakhir goal, yaitu keinginan dan masalah seperti apa yang mau diselesaikan di lingkungan sekitar. Sehingga Anda bisa menjual produk yang benar-benar dibutuhkan oleh mereka.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Bisnis online bisa memberikan hasil yang menakjubkan hingga melebihi dari ekspektasi bila dijalankan dengan serius, mungkin anda membutuhkan lowongan kerja penulis artikel. Maka dari itu bila Anda ingin sukses menjalankan usaha ini mulai dari nol, sebaiknya perhatikan dulu tipsnya di bawah ini:

  1. Lakukan penelitian pasar dulu. Sehingga Anda tahu produk seperti apakah yang paling ramai peminatnya. Jadi mulai dengan menentukan target pasar untuk melakukan penelitian pasar. Sehingga Anda bisa memutuskan produk dan jasa seperti apakah yang paling sesuai untuk bisnis tersebut.
  2. Cari tahu seperti apakah pesaing Anda di luar sana. Tawarkan produk dan jasa yang berbeda dari mereka. Karena dengan menawarkan sesuatu yang berbeda tentunya lebih dilirik oleh konsumen. Dengan begitu produk dan jasa yang ditawarkan bisa lebih populer dibandingkan pesaing Anda.
  3. Setelah itu cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah buatlah sebuah website. Untuk membangun sebuah website supaya dikenal oleh banyak orang tentunya butuh proses. Namun justru dengan membuat website akan membuat produk dan jasa Anda lebih dipercaya oleh konsumen karena mampu meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis.
  4. Lakukan promosi secara online. Karena dengan promosi itulah akan membuat orang-orang bisa lebih mengenal seperti apakah bisnis dan usaha Anda. Maka dari itu setelah memiliki website yang sudah matang, segera bagikan linknya ke media sosial supaya bisnis Anda lebih hidup di mata konsumen.

Setelah memahami bagaimana cara memulai bisnis online dari nol, saatnya mempraktikkannya sekarang juga, namun tentu saja membuat website untuk memulai bisnis online bukanlah hal yang mudah. Ada banyak proses yang harus dilewati dulu. Maka dari itu disini Sahabat Artikel ada untuk Anda.

Bila Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk mengelola website sekaligus melakukan update artikel secara rutin, jangan khawatir, Cukup hubungi kami di nomor 0857-7777-5545. maka Sahabat Artikel siap menawarkan jasa update content dengan harga jasa artikel untuk membantu Anda dalam mempraktekkan cara memulai bisnis online dari nol sekarang juga.

Scroll to Top