Lowongan Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

Lowongan kerja lulusan sastra inggris sangatlah banyak karena hampir setiap aspek selalu menyertakan bahasa inggris dan kenyataannya tidak semua orang menguasai bahasa inggris. Karena itulah anda lulusan sastra inggris perlu berbangga hati dan tidak perlu mengkhawatirkan kehidupan anda di masa depan.

Lowongan Kerja Lulusan Sastra Inggris

Kemampuan Anda dalam berbahasa inggris pasti akan berguna di masa depan ataupun masa sekarang. Tinggal diri anda sendiri, ingin menggunakannya atau tidak. Menggunakan disini maksudnya adalah digunakan untuk mendapatkan penghasilan, membantu orang lain, ataupun untuk mengajari anak cucu anda kelak.

Apabila anda ingin menggunakannya untuk mendapatkan penghasilan atau pekerjaan, beberapa informasi prospek kerja sastra inggris di bawah ini mungkin dapat membantu. Lowongan yang akan disebutkan akan dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu lowongan pengajar, kepenulisan, dan karyawan perusahaan. Langsung saja, simak penjelasan di bawah ini.

Lowongan Kerja Untuk Lulusan Sastra Inggris Bidang Pengajaran

Bagi lulusan sastra inggris yang tertarik mengajarkan sesuatu pada orang lain, maka anda bisa bekerja sebagai pengajar. Saat ini banyak sekali lowongan pengajar bahasa inggris dan bahasa indonesia, baik yang formal maupun tidak. Untuk yang formal, Anda bisa melamar menjadi guru bahasa inggris di sekolah-sekolah.

Hampir semua sekolah selalu mengajarkan bahasa inggris, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Anda nanti bisa memilih sekolah mana yang Anda sukai dan sedang membuka lowongan guru. Jika anda menyukai anak kecil, anda bisa mengajar di sekolah dasar tapi jangan kaget dengan gajinya.

Gaji mengajar guru bahasa inggris honorer di sekolah dasar negeri masih tergolong kecil jadi jika memang suka mengajar anak-anak disarankan memilih sekolah dasar swasta. Untuk SMP dan SMA pun begitu, sangat disarankan memilih sekolah swasta jika ingin gaji yang lumayan besar. Beda lagi dengan perguruan tinggi yang memerlukan gelar master untuk bisa mengajar.

Baca juga artikel mengenai Situs Indonesia yang Membayar Penulis Artikel

Itulah gambaran tentang lowongan kerja lulusan sastra inggris di lembaga pendidikan formal. Untuk yang non formal ada di bimbingan belajar ataupun di kursus bahasa inggris. Di bimbingan belajar, materi yang diajarkan biasanya lumayan mudah sesuai dengan pelajaran siswa. Berbeda dengan di kursus bahasa inggris yang mengharuskan Anda terlihat lebih handal agar meyakinkan.

Untuk gaji atau bayarannya termasuk lebih tinggi dibanding mengajar di lembaga pendidikan formal dan sistem mengajarnya pun bebas, tidak terlalu terikat aturan seperti di sekolah. Jadi bagi anda yang tidak terlalu menguasai teknik mengajar, anda bisa mengajar bahasa inggris di lembaga bimbingan belajar atau kursus bahasa inggris.

Lowongan Kerja Sastra Inggris Khusus Karyawan Perusahaan

Penjelasan sebelumnya tidak dikategorikan dalam sub bab ini karena walaupun karyawan jatuhnya masih sebagai pengajar. Info lowongan pekerjaan karyawan perusahaan yang dimaksud disini adalah menjadi staff di suatu perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil. Posisinya pun beragam, bisa staf biasa, manajer, sekretaris, bahkan direktur.

Perusahaan biasanya membutuhkan karyawan staff umum dari jurusan apapun sehingga sastra inggris masuk di dalamnya. Apalagi ditambah dengan fakta bahwa jaman sekarang ini apa-apa menggunakan bahasa inggris. Lulusan sastra inggris pasti sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Jika mau pekerjaan yang lebih khusus, loker sastra inggris yang biasanya berhubungan dengan perusahaan, perkantoran, atau yang lainnya (selain mengajar) antara lain yaitu

1. Eksekutif periklanan

Pekerjaan satu ini membuat anda harus berkomunikasi dengan banyak orang untuk berkoordinasi masalah iklan. Karena itulah lulusan yang bisa berkomunisi dengan bahasa inggris lebih dibutuhkan.

2. Petugas informasi

Beberapa perusahaan membutuhkan petugas informasi yang mampu menguasai bahasa asing khususnya bahas inggris, jadi lulusan sastra inggris bisa melamar di bagian tersebut.

3. Staf diplomatik

Loker sastra inggris selanjutnya adalah menjadi bagian staf diplomatik. Staf diplomatik tidak hanya berasal dari lulusan hubungan internasional saja. Jurusan yang berhubungan dengan bahasa asing seperti bahasa inggris juga bisa bergabung di dalamnya.

4. Public relation

Lulusan sastra inggris yang pandai berbicara bisa banget kerja di bagian satu ini.

Sebenarnya selain mengajar, masih banyak lagi pekerjaan yang bisa dilakukan oleh jurusan sastra inggris seperti menjadi pemandu wisata, pramugari, staf lembaga budaya, staf lembaga internasional, dan masih banyak lainnya. Lulusan sastra inggris tidak perlu bingung kerja karena saat ini memang hampir semua hal membutuhkan kemampuan berbahasa inggris.

Loker Lulusan Sastra Inggris Bidang Penerbitan dan Kepenulisan

Jika penjelasan di atas membahas tentang pekerjaan yang berhubungan dengan mengajar dan menjadi staf, kali ini akan dibahas tentang pekerjaan lulusan sastra inggris yang berhubungan dengan kepenulisan. Bagi anda yang tertarik di dunia tulis menulis, pekerjaan yang bisa dicoba antara lain yaitu menulis buku, editor, asisten editor, penerjemah, ahli bahasa, dan wartawan.

Untuk menulis, ada yang menulis dalam bentuk buku dan ada pula yang dalam bentuk tulis artikel. Apabila merasa belum mampu menulis buku, anda bisa mencoba menjadi penulis artikel online. Saat ini banyak sekali situs di internet yang membutuhkan artikel dalam bahasa inggris. Jika pemilik website tidak bisa membuat artikel berbahasa inggris maka penulisan artikel akan dilimpahkan pada penulis berbayar. Nah Anda bisa memanfaatkan lulusan sastra bahasa inggris untuk hal satu ini.

Anda nanti tinggal bergabung dengan situs jasa penulis yang sedang membuka loker penulis. Untuk website Indonesia contohnya adalah Sahabat Artikel. Sahabat artikel merupakan jasa penulis artikel yang sudah sangat berpengalaman dan terpercaya. Apabila anda tertarik menjadi penulis, anda bisa kunjungi link berikut ini https://www.sahabatartikel.com/lowongan-pekerjaan-penulis-artikel/.

Jika tertarik untuk memesan artikel berkualitas dan dengan harga artikel murah, Anda bisa menghubungi nomor admin sahabat artikel di 0857-7777-5545. Sahabat artikel sudah sangat dipercaya jadi jangan ragu untuk bergabung ataupun menggunakan jasa kepenulisannya. Demikian penjelasan singkat tentang loker lulusan sastra inggris, semoga bisa bermanfaat.

Scroll to Top