5 Ciri Artikel yang Berkualitas dan Enak Dibaca

Apakah Anda sedang mencari ciri artikel berkualitas untuk dijadikan patokan membuat artikel? Jika iya, maka Anda telah mengunjungi situs yang tepat karena kali ini kita akan membahas khusus tentang ciri sebuah artikel atau penulis artikel yang berkualitas dan tulisan yang enak dibaca. Apa saja ciri yang dimaksud? Langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

ciri artikel berkualitas

Ciri Artikel yang Baik dan Berkualitas

Artikel yang berkualitas merupakan artikel yang berbobot, bahasanya mudah dipahami dan benar-benar memberikan manfaat pada para pembaca. Agar lebih jelas, ini dia uraiannya.

  • Isinya informatif, sesuai judul

Artikel dikatakan berkualitas jika isinya informatif, benar-benar memberikan informasi penting pada para pembaca. Jadi pembaca tidak merasa menyesal telah membaca artikel yang dimaksud. Isi artikel pun sesuai dengan judulnya. Saat ini banyak ditemukan artikel yang isinya tidak sesuai judul. Hal ini sangat merugikan pembaca. Pembaca yang memang membutuhkan informasi sesuai judul menjadi kesulitan mendapatkan informasi yang dimaksud.

Jadi buatlah judul yang sesuai dengan isi artikel. Isi artikel pun harus diusahakan berbobot. Informasi yang dijabarkan harus benar-benar bisa menjadi solusi atau bisa menjawab pertanyaan. Informasi sebisa mungkin juga berasal dari sumber yang terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

  • Tata bahasa dan ejaannya bagus

Tata bahasa sangat mempengaruhi kualitas artikel. Para pembaca pasti lebih nyaman dan lebih mudah memahami artikel yang ditulis dengan tata bahasa yang bagus daripada yang tidak. Jadi jika Anda menulis artikel, pastikan tata bahasanya benar. Untuk tulisan dalam bahasa inggris, sudah ada tool yang mampu mengoreksi tata bahasa. Namun sayangnya untuk tulisan berbahasa Indonesia belum ada.

Adanya baru tool yang digunakan untuk mengoreksi ejaan. Anda bisa mendapatkan tool tersebut di internet sehingga tulisan Anda terhindar dari yang namanya typo. Tool pengoreksi ejaan ini ada yang digunakan secara online, ada pula yang bisa didownload lalu diinstall di komputer atau laptop sehingga bisa digunakan dengan mudah.

  • Mudah dipahami

Ciri artikel berkualitas selanjutnya adalah artikel mudah dipahami. Artikel yang ditulis dengan bahasa tingkat tinggi atau dengan istilah sulit akan sulit dipahami, meskipun isinya lengkap, komplit dan bisa dipertanggung jawabkan. Artikel yang seperti ini memang termasuk artikel yang sangat bagus untuk golongan orang tertentu, tapi jika ditujukan untuk dibaca umum jatuhnya malah tergolong artikel yang kurang karena terlalu susah dipahami orang awam.

  • Artikel orisinil

Artikel yang berkualitas tentu orisinil atau tidak copy paste. Artikel dibuat murni oleh penulis, bukan hasil dari menjiplak ataupun plagiat. Dahulu banyak sekali ditemukan artikel hasil copy paste artikel di website lain, tapi untungnya hal tersebut kini sudah berkurang. Saat ini para pelaku copy paste bisa diketahui dan dilaporakan dengan lebih mudah sehingga penulis asli artikel tidak akan merasakan kerugian lagi.

  • Artikel enak dibaca

Artikel itu terasa enak dibaca saat bahasa yang digunakan rapi, mudah dipahami dan terkesan bersahabat. Isi artikel pun sesuai dengan apa yang diinginkan pembaca. Jika dilihat berdasarkan bentuk tulisan atau struktur penulisan artikel, maka ciri artikel yang enak dibaca beda lagi. Berikut penjabaran lebih lengkapnya.

Ciri Artikel Enak Dibaca Berdasarkan Penulisannya

  • Menggunakan bahasa yang sesuai dengan target pembaca

Artikel enak dibaca saat bahasa yang digunakan sesuai target pembaca. Apabila target pembaca anak muda, maka bahasa dibuat lebih gaul tapi tetap semi formal, tidak berlebihan. Untuk orang desawa disarankan menggunakan bahasa formal tapi jangan terlalu kaku seperti artikel ilmiah. Intinya disesuaikan dengan target pembaca tapi tidak terlalu berlebihan. Target pembaca bisa Anda tentukan dengan bebas. Namun jika ingin tahu siapa saja yang sering membaca artikel blog Anda, maka Anda bisa melihatnya di google analytic bagian demografi audiens.

  • Isi setiap paragraf tidak terlalu panjang

Paragraf yang panjang akan membuat lelah mata pembaca. Karena itulah sebisa mungkin buatlah paragraf pendek. Namun hal ini tetap tergantung tampilan website Anda. Jika tampilan website sebagian atau di tengah saja maka bisa menggunakan paragraf pendek. Akan tetapi jika tulisan artikel memenuhi keseluruhan halaman web, disarankan untuk tetap menggunakan paragraf panjang karena jika pendek, jatuhnya akan jadi satu baris saja per paragraf.

Tampilan yang dimaksud tersebut sangat terlihat jika website dilihat lewat komputer atau laptop atau dilihat versi web. Jika dilihat versi smartphone, biasanya tampilannya sama saja, menyesuaikan dengan layar smartphone jadi jika target Anda pembaca dengan smartphone, usahakan menggunakan paragraf pendek.

  • Terhindar dari typo

Tulisan yang minim typo atau bahkan tidak ada typo pasti lebih enak dibaca daripada tulisan yang banyak typo jadi usahakan artikel Anda minim typo.

  • Menggunakan sub heading, bullet and numbering

Penggunaan sub heading bisa memudahkan pembaca dalam menangkap isi artikel dan membedakan tiap pokok bahasan. Begitu pula dengan penggunaan bullet and numbering.

  • Menggunakan font, font size dan line spacing yang tepat

Saat membaca artikel, Anda pasti akan merasakan perbedaan membaca dengan font yang sangat besar dan sangat kecil. Sangat besar tidak baik, kekecilan juga tidak bagus jadi pilihlah font yang normal ukurannya, normal jenisnya dan pas line spacing nya.

Jasa Penulis Artikel Berkualitas, SahabatArtikel

Bagi Anda yang merasa kurang mampu membuat artikel berkualitas dan berniat memesannya, Anda bisa memesan di tempat kami, SahabatArtikel. Kami merupakan jasa penulis artikel yang sudah berpengalaman dan sangat mementingkan kualitas artikel. Anda bisa memesan artikel di tempat kami dengan cara menghubungi nomor 0857-7777-5545. Kami mengetahui ciri artikel berkualitas dan enak dibaca, jadi jangan ragu memesan artikel di tempat kami.

mungkin Anda mencari jasa penulis artikel di Denpasar Bali profesional dan termurah

Scroll to Top