Pengertian Artikel Informatif, Review, Persuasif, dan Tutorial

Pengertian Artikel Informatif, Review, Persuasif, dan Tutorial, Artikel merupakan suatu karangan faktual yang disajikan pada pembaca dan ditujukan untuk dipublikasikan, baik itu dipublikasikan di koran, buletin, majalah, situs online, dan lain sebagainya. Tujuan dari penulis artikel sendiri sebenarnya untuk memberi informasi pada pembaca. Informasi yang disajikan bermacam-macam, bisa fakta, pendapat, tutorial, review, ataupun ajakan.

Pengertian Artikel Informatif Review Persuasif Tutorial

Nah kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang artikel yang dipublikasikan di situs online. Artikel online biasanya dipublish di suatu situs, baik itu situs berita ataupun situs khusus. Artikel yang dipublish pun ada bermacam-macam, yang diantaranya yaitu artikel informatif, review, persuasif, dan tutorial.

Lantas apa saja perbedaan dari keempat jenis artikel tersebut? Berikut pembahasan lebih lengkapnya.

Pengertian Artikel Informatif

Arti artikel informatif merupakan artikel yang bertujuan untuk memberi informasi pada para pembaca. Informasi yang dimaksud sangat banyak jenisnya tergantung tema yang diberikan. Artikel informatif isinya pure informasi, tidak ada kalimat ajakan.

Pembaca benar-benar disuguhkan informasi dari artikel jenis satu ini. Dengan arti artikel informatif, pembaca diharap bisa mendapatkan pengetahuan baru. Contoh artikel informatif yaitu artikel tentang manfaat banyak membaca, keuntungan menjadi guru, manfaat brokoli, dan lain sebagainya. Semua tema bisa dijadikan bahan dalam penulisan artikel informatif. Contoh yang disebutkan hanya contoh kecil saja.

Untuk membuat artikel informatif diperlukan pengetahuan yang kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan karena artikel satu ini bersifat memberikan informasi bagi pembaca. Akan fatal akibatnya jika informasi yang diberikan salah atau belum dibuktikan kebenarannya.

Nah bagi Anda yang ingin membuat artikel informatif, Anda bisa memesan di jasa penulis artikel sahabatartikel.com. Sahabatartikel telah berpengalaman dalam menulis artikel yang bersifat informatif.

Pengertian Artikel Review

Dilihat dari namanya saja, mungkin Anda telah bisa menyimpulkan bagaimana bentuk artikel ini. Ya, arti artikel review merupakan artikel yang isinya membahas review dari suatu produk tertentu.

Review yang ditulis sesuai kenyataan produk yang diulas. Jadi dijelaskan dari hal umum hingga hal rinci produk tersebut. Penulisannya bisa dalam bentuk pendapat, bisa juga dalam bentuk yang lebih ke informatif. Maksudnya yaitu ada yang menulis artikel review dengan ditambahi pendapat pribadi penulis, ada juga yang hanya review info detail produk.

Misalnya begini, Anda menulis review tentang produk kecantikan tertentu. Nah dalam review tersebut Anda menuliskan detail produk dari mulai ukuran, warna, kegunaan, cara pakai, hingga harga. Setelah itu Anda juga menyisipkan pendapat Anda secara pribadi tentang produk tersebut. Anda menjelaskan kelebihan serta kekurangannya menurut Anda pribadi.

Kedua bentuk artikel review tersebut diperbolehkan asal memang sesuai kenyataan dan tidak mengada-ada. Semisal dibubuhi pendapat pribadi, pendapat tidak boleh menyinggung SARA atau hal lain yang berkemungkinan besar menimbulkan pertentangan.

Artikel review kini banyak sekali ditemukan karena memang banyak orang yang terlebih dahulu mencari review produk di internet sebelum membelinya. Jika Anda mencari artikel review produk di internet, pilihlah artikel review dari website terpercaya agar informasi yang diberikan dijamin kebenarannya.

Nah bagi Anda yang berniat menulis artikel review produk tertentu tapi tidak ada waktu untuk menulisnya, Anda bisa memesannya di jasa penulis artikel sahabatartikel.com. Sahabat artikel sudah banyak menghasilkan artikel review jadi pengalamannya tidak diragukan lagi.

Pengertian Artikel Persuasif

Artikel persuasif merupakan artikel yang sifatnya mengajak. Artikel ini berisi tentang informasi yang sifatnya mempengaruhi, memberi kepercayaan baru sehingga pembaca diharapkan mau mengubah pikirannya seperti apa yang telah ditulis di artikel.

Dalam dunia internet, artikel persuasif banyak digunakan oleh para penjual online. Mereka memamerkan keunggulan produk mereka sehingga membuat pembaca tertarik dan akhirnya berniat untuk membeli produk tersebut.

Artikel persuasif ada yang diawali dengan kalimat informatif ataupun review dari produk yang akan ditawarkan. Ada juga yang pure mengajak dengan memberikan iming-iming manfaat serta keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan.

Cara mengajak yang ditulis di artikel ada yang bersifat halus, ada pula yang langsung to the point mengajak para pembaca. Kedua cara tersebut diperbolehkan karena memang memiliki fungsi masing-masing.

Pada situs toko online, biasanya halaman utama berisi full ajakan pada pembaca dan di halaman lain baru berisi artikel informatif yang berisi ajakan secara halus. Hal tersebut boleh-boleh saja dan ada yang menyarankan.

Namun ada saran lain juga yang mengatakan bahwa ajakan dalam artikel informatif sebaiknya secara halus dan tidak terkesan memaksa agar pembaca tidak merasa ilfeel ataupun merasa terlalu dipaksa.

Cara menulis artikel persuasif sama seperti menulis artikel pada umumnya. Bedanya terletak pada kalimat yang digunakan. Kalimat yang digunakan harus indah, menarik, dan bersifat mengajak. Namun tidak boleh berlebihan. Secukupnya saja.

Nah bagi Anda yang memiliki toko online, Anda tertarik untuk membuat arikel persuasif? Jika Anda tertarik dan berniat membuatnya, maka segeralah dibuat agar banyak yang tertarik dengan produk Anda. Namun apabila Anda tidak memiliki waktu untuk membuatnya, Anda bisa memesannya di jasa penulis artikel sahabatartikel.com. Sahabat artikel memiliki banyak penulis yang handal di bidangnya sehingga Anda tidak perlu ragu untuk memesannya karena selain harga jasa penulis artikel yang di tawarkan sangat murah, pengerjaan dari artikel tersebut juga sangat cepat.

Pengertian Artikel Tutorial

Artikel tutorial kini banyak ditemui di internet. Seperti namanya, artikel ini berisi tentang tutorial atau cara melakukan hal tertentu. Tutorial yang dimaksud sangatlah banyak dan beraneka ragam. Bahkan Anda bisa menemukan tutorial yang menurut sebagian orang tidak terlalu diperlukan seperti tutorial memasak air.

Agar artikel tutorial banyak pembacanya, maka tutorial yang diberikan haruslah jelas dan terperinci. Akan lebih menarik lagi jika artikel dibubuhi gambar untuk setiap langkah-langkahnya.

Pemberian gambar dalam artikel tutorial sangat membantu pembaca dalam memahami. Jika memang tidak sempat memberikan gambar, maka tutorial harus dibuat serinci dan sedetail mungkin agar tidak membingungkan pembaca.

Langkah-langkah atau cara yang diberikan harus bisa dibuktikan kebenarannya agar pembaca yang ikut melakukan tidak merasa tertipu dan dibodohi. Jika ada hal atu peringatan penting yang berhubungan dengan tutorial sebaiknya ditulis juga.

Bagi Anda yang berniat memesan artikel tutorial untuk blog Anda, Anda bisa memesan di sahabatartikel.com. Sahabat artikel sudah sangat berpengalaman karena telah menghasilkan ratusan artikel per harinya.

Artikel dari sahabatartikel.com juga dijamin original, bebas dari plagiat karena dicek juga dengan plagiat tools. Harga yang ditawarkan tergolong murah, Anda bisa membandingkan dengan jasa lain jika tidak percaya. Murahnya harga tentunya tidak mempengaruhi kualitas tulisan.

Artikel juga akan dikerjakan tepat waktu sesuai pesanan Anda. Artikel yang Anda pesan bisa berupa artikel informatif, review, persuasif, tutorial, ataupun gabungannya. Gabungan yang dimaksud misalnya artikel informatif persuasif, review persuasif, review informatif, dan lain sebagainya.

Apabila Anda tertarik dengan jasa penulis artikel dari sahabatartikel.com, Anda bisa menghubungi kontak person yang telah disediakan. Untuk informasi terkait paket harga, dan lain sebagainya bisa Anda lihat lebih lengkapnya di situs sahabatartikel.com.

Scroll to Top